Saturday, March 12, 2011

IMK dalam istanabayi

Hmm ada tugas IMK(Interaksi Manusia Komputer) atau dalam bahasa inggris HCI(Human Computer Interaction :D), untuk menjelaskan tampilan website dari istanabayi.com, . secara rinci tugasnya adalah jelaskan bagaimana tampilan istanabayi.com(selanjutnya di sebut istanabayi) menurut anda, dari segi. Browser, evaluator,transactor,dan customer? Saya akan mencoba menjelaskannya disini..jika dalam penjelasaan yang saya tuliskan disini ada yang kurang berkenan untuk pihak-pihak tertentu saya mohon maaf sebelumnya, :D. penjelasan saya tuliskan dalam point point, agar lebih mudah memahami maksudnya

Browser
Dalam IMK Browser dapat berarti orang yang hanya mencari cari sesuatu di internet. Dya belum punya tujuan yang jelas..dan masuk ke suatu website bisa dari banyak cara. Cara yang paling umum adalah dia di arahkan oleh mesin pencari ke suatu website :D. dalam istanabayi untuk tipe browser mungkin ini yang saya dapat jelaskan
Istanabayi sudah sangat jelas memperkenalkan dirinya dengan header yang cukup besar yang bertuliskan istanabayi.com dengan gambar-gambar kartunnya.
 Namun dibawah headernya informasi yang disajikan kurang mendukung. Huruf yang berwarna abu-abu cukup menyulitkan pandangan saya, lalu ada marquee yang berjalan yang menginformasikan tentang promo/diskon. Tapi kurang eyecatching. Jadi kesanny tidak serius, sebaiknya informasi tentang promo.diskon dibuat lebih besar dengan animasi bila perlu, sehingga browser dapat langsung menangkap informasinya.dan setidaknya akan berfikir untuk tetap di site tersebut.
Dibawahnya ada list update produk terbaru yang hanya berisi 3 produk? Tampilan gambar produknya sudah baik, namun terasa sangat sederhana dengan hanya menampilkan informasi tambahan berupa nama dan harga, alangkah baiknya jika ada rating produk dari penggunany
Di bagian samping kana nada list kategori produk yang membingungkan..karena setiap produk di kategorikan dengan kurang baik (semuanya di list disana. Padahal masih dapat di bagi menjadi beberapa kategori pokok, lalu ke sub kategori)
Dibagian kanan juga ada info produk,lalu ada list merek produk yang ternyata adalah pencarian.berdasarkan merek produk, disini juga ditempatkan search dan contact informasi.
Dibagian kiri terdapat beberapa link ke site lainny yang sejenis, ada juga special diskon, dan pilihan mata uang yang dipilih
Hmm overall menurut saya, susunan antarmuka dati istanabayi sangat buruk, karena selain hal hal yang saya sebutkan diatas, bagian tengah site sangat banyak whitespace yang kosong. 

Evaluator
Jika kita memilih suatu produk, berdasarkan kategori yang disamping maka akan muncul list produk, sesuai kategori. Di halaman ini juga hanya sedikit informasi yang di dapat, gambar yang kurang baik, hanya ada nama produk dan harga, yang menarik adalah ketika kita rubah mata uang dari rupiah ke dolar harga akan langsung menyesuaikan. Jika kita memilih produknya maka aka nada halaman produk info, disini di informasikan tentang produk yang dijual, terkesan biasa(memang sangat biasa). Hanya ada list list feature, gambar yang dapat di-klik, namun ketika di klik ukurannya tidak berubah, dalam halaman ini ada link menuju ke halaman testimony. Walau isi testimony tidak dapat banyak membantu, karena kosong atau bukan berisi testimony tapi berisi pertanyaan.:D, hmm menurut saya sebenarnya istanabayi dapat menambahkan beberapa feature untuk mendukung user tipe evaluator seperti.
·         Pemilihan gambar harusnya lebih baik.
·         Berikan rating di halaman informasi produk, tanpa user harus masuk ke halaman testimony
·         Jika memungkinkan berikan perbandingan antara 2 produk yang sejenis yang ada di istana bayi

Transactor
Sekarang kita coba bahas dari user tipe transactor, setelah memilih produk dengan cara klik beli/add to chart, kita akan di arahkan ke dalam halaman keranjang belanja, di bagian bawah ahalama ini ada tulisan

Untuk kepastian stok kami akan melakukan konfirmasi ulang setelah anda melakukan pemesanan
IstanaBayi menerima pembayaran dengan paypal namun mata uang harus diganti ke $US di menu sebelah kanan. Untuk $US sudah termasuk fee paypal 3%

Menurut saya cukup bagus istanabayi memberitahukan hal seperti ini, karena mungkin setelah kita memesan mereka baru mengecek stock barangnya,
 lalu klik tombol selesai belanja di sebelah kanan bawah. Jika kita belum login maka aka nada tampilan login dahulu,(karena saya sebelumnya sudah mendaftar maka saya akan coba login),
setelah login di informasikan bahwa alamat pengiriman sama dengan alamat ketika saya mendaftar. Ini cukup menarik karena saya tidak harus mengisi alamat pengiriman kembali. Namun ada juga fitur untuk mengubah alamat pengiriman, jika kita merubah alamat pengiriman semua field akan kosong dan kita harus memasukkan data untuk alamat pengiriman dari awal, di bagian bawah juga ada step line sekarang kita sedang sampai tahap apa, jumlah tahapanny juga  sedikit hanya 4 tahap. Jika kita telah selesai satu tahapan dan klik lanjutkan maka kita akan ke tahapan selanjutnya, namun kita masih dapat kembali ke tahapan sebelumnya dengan cara klik di tahapan sebelumnya. Ini juga suatu interaksi yang cukup membantu
di tahapan informasi pembayaran akan ada 2 pilihan pembayaran memakai paypal atau memakai transfer bank, jika memakai paypal maka saattahapan konfirmasi akan di arahkan ke site paypal untuk menggurus pembayarannya. Jika memilih mengunakan transfer bank aka nada informasi bahwa istanabayi menggunakan bank BCA dan MANDIRI, dan konfirmasi akan dilakukan melalui email, dan juga di berikan peringatan untuk mentransfer setelah istanabayi mengkonfirmasi, ini juga bagus menurut saya karena sebelum kita transfer, istanabayi memberi tahu sebelumnya, yang kurang adalah informasi tentang bank yang digunakan baru saya dapatkan disini.
Customers
Ketika kita selesai order barang, maka akan di informasikan untuk menerima email dari istanabayi ketika ada produk baru, cara ini merupakan salah satu promosi, dengan begini user yang dari transactor awal di arahkan untuk menjadi customer :D, walaupun kita dapat meng-ignore-nya, jadi tidak ada paksaan :D
Hmm ada hal yang merik ketika saya sign-out dari istana bayi, di informasikan bahwa keranjang belanja saya telah do save dan akan di restore ketika saya login kembali, ini memungkinkan saya sebagai coutomer untuk memilih milih produk yang akan saya beli pada akhir bulan, ketika uang sudah ada :D
Walaupun kita sudah mendaftar tetapi kita tidak dapat sesuatu yang mengguntungkan kita, diskon khusus tidak ada, yang ada hanya email yang masuk jika kita menerika subscribe dari istanabayi.
Mungkin itu beberapa hal terkait tugas imk kali ini, saya hanya mencoba memaparkan sesuai pengetahuan saya yang baru belajar imk :D, maaf Karena tidak ada gambarnya.

1 comment:

Reza Pancawan said...

nice inpo gan
ane numpang naro backlink ya :p
http://rezamazing.blogspot.com/2011/03/imk-dan-istanabayi.html